Wow 1976-1985 Mercedes-Benz W123

Mercedes-Benz W123. Diluncurkan sebagai sedan empat pintu pada awal 1976, dengan coupe yang apik pada platform yang sedikit diperpendek untuk tahun 1978, dan wagon produksi pertama Mercedes untuk Amerika Utara yang dimulai pada tahun 1981, Mercedes membangun hampir 2,7 juta W123 dalam dekade dasawarsa produksi.

Ketika diluncurkan pada bulan Januari 1976, W123 sangat dilihat sebagai kelanjutan dari garis W114 / W115 sedan Mercedes menengah yang sukses. Garis-garis yang bersih (beberapa mengatakan abadi, beberapa mengatakan anonim, tetapi tidak dapat menyangkal bahwa mereka mengatakan Mercedes) dikreditkan dengan berbagai cara kepada Friedrich Geiger dan Bruno Sacco. Konvensi penamaan mengikuti tradisi Mercedes: Perpindahan mesin pertama (yaitu, 240, 280, 300) diikuti oleh gaya tubuh (tidak ada untuk sedan, C untuk Coupe, dan T untuk Touring, atau gerobak) dan mesin (E untuk injeksi bahan bakar bensin , D untuk solar). Perubahan yang dilakukan untuk pasar Amerika, di luar upgrade mewah yang diharapkan dan perampingan opsi powertrain, termasuk bumper 5-MPH, lampu depan yang disegel, kontrol emisi sebagaimana ditentukan oleh pilihan mesin, dan VIN yang terlihat yang melekat pada pilar-A.

Coupe hardtop tanpa pilar diluncurkan pada musim semi 1976, di Amerika Serikat untuk tahun 1978 model; itu naik wheelbase 3,3 inci-lebih pendek dari sedan, dan tiba di AS dengan pilihan gas enam atau lima tenaga diesel, yang terakhir dengan turbocharger dimulai pada tahun 1980. (Model CE menerima gas 2,8 liter enam, sementara CD memiliki lima silinder, tiga liter diesel.) Versi gerobak diluncurkan pada tahun 1980 dengan mesin diesel aspirated alami; ini digantikan oleh turbodiesel mulai tahun 1981. Sedan, coupe dan gerobak dijual di AS jelas sampai 1985.

Bensin dan diesel W123s, dari model empat, lima dan enam silinder, tersedia sepanjang kehidupan W123, tapi itu adalah garis model diesel yang mendapatkan sebagian besar penjualan dan perhatian media Amerika W123. (Mesin gas 2,3 liter empat silinder di awal hari dengan cepat dijatuhkan di sini.) Mercedes memelopori penggunaan mesin bertenaga diesel di mobil penumpang pada 1930-an, dan dengan krisis OPEC kedua, ketertarikan pada jarak tempuh bahan bakar yang lebih baik-- berapapun biayanya - mendapatkan bunga dan momentum. Segera, Mercedes menjual lebih banyak model diesel daripada gas di Amerika, dan pada 1982, W123 didukung secara eksklusif oleh mesin diesel.

Spesifikasi meningkat saat harga naik: Nanti mobil memiliki rem anti-lock four-wheel-disc, airbag sisi pengemudi, power lock, AC dan sunroof. Pilihan kenyamanan dan kenyamanan lainnya semakin umum seiring tahun-tahun berlalu. Juga tambahan umum adalah mesin turbodiesel, yang datang ke seri W123 pada tahun 1980. Turbocharger Garrett mengambil keunggulan dari kelesuan legendaris diesel powerplant, meningkatkan output sebesar 53 daya kuda, atau kekalahan 61 persen. Ini turun 0-60 kali ke dalam kisaran 15 detik, jauh dari slog 21 detik yang telah diambil tanpa blower. Model dibangun untuk tahun model 1984 dan kemudian dipaksa untuk memakai catalytic converter.

Di Eropa, di mana biaya bahan bakar secara rutin dua kali lipat atau tiga kali lipat dari apa yang kita lihat di Amerika, W123s yang bertenaga diesel adalah taksi populer: murah dan tahan lama jika dipelihara dengan baik, dan lapang serta nyaman bagi penumpang, yang hanya menambah legenda keandalan, daya tahan Mercedes yang cukup besar dan kenyamanan. Penjualan mencapai 200.000 unit di Jerman pada 1979, mobil Jerman ketiga yang pernah melakukannya di belakang VW Beetle and Golf. 

Di Amerika Serikat, W123 dihias dengan berbagai pilihan: mesin enam silinder, transmisi otomatis, trim kayu, tempat duduk kulit opsional, sunroof, cruise control. Dan bahkan dengan semua perlengkapan mewah, itu masih dirancang untuk menjadi mobil terakhir Anda, jika Anda ingin atau membutuhkannya - sesuatu yang membuat Anda bertahan hingga abad berikutnya, kembali ketika itu adalah sesuatu.

Dengan demikian, seri W123 tidak murah di Amerika: gas dasar 230 dan sedan diesel 240D memiliki harga stiker hanya di bawah $ 11.000 pada tahun 1976, dan pada saat pintu tertutup pada generasi W123 pada tahun 1985, harga dasar untuk sedan telah meningkat tiga kali lipat. , dengan varian coupe dan wagon yang menempel tidak kurang dari $ 35.000.
Hari ini, tiga dekade setelah kematian W123, baik coupe maupun gerbong adalah mobil kultus. Gerobak itu melihat kurang dari 200.000 contoh yang dibangun di seluruh dunia, dengan coupe bahkan lebih langka - kurang dari 100.000 yang dibangun selama dekade ini, yang berarti bahwa coupe hanya mencapai kurang dari empat persen dari semua W123 yang dibangun. Kudeta 300CD yang digambarkan di sini, pasar AS eksklusif, dapat membantu Mercedes dengan sasaran Ekonomi Bahan Bakar Rata-Rata Perusahaan (CAFE): CAFE ditetapkan pada 27,5 MPG pada 1985 - tetapi daripada menghitung jarak tempuh pada setiap unit yang terjual, CAFE memperbolehkan produsen hanya konsumsi bahan bakar rata-rata untuk semua model. Sebuah coupe jual lambat akan memiliki bobot yang sama dalam perhitungan, dan model diesel lain akan membantu meningkatkan nomor CAFE Mercedes menjadi kisaran yang dapat diterima.

Cukup W123 ada di sekitar mereka hari itu bahwa banyak orang memiliki kenangan tentang mereka, menyalakan api nostalgia jutaan; mereka memiliki kualitas yang cukup banyak yang tersisa hari ini. Namun para kolektor tidak menggaet mereka: Anda dapat menemukan sedan yang dipelihara dengan baik dan layak di bawah 10 ribu tanpa banyak usaha. Secara umum layak menunggu untuk menemukan yang tepat untuk datang daripada membeli yang murah dan mulai memilukan - seperti biasanya untuk mobil yang relatif murah, relatif banyak yang sulit ditukar untuk saham atau real estat. Pepatah lama, "Tidak ada mobil semahal Mercedes murahan" akan berlaku di sini: Sistem rumit, meski tahan lama, bisa runtuh karena bertahun-tahun lalai. Untungnya, dengan lebih dari dua setengah juta dibangun, suku cadang tidak sulit didapat,

Hari ini, di mana-mana W123 - bahkan 30 tahun - membuatnya menjadi pembelian mobil vintage yang menarik. 

Related

W123 141358371396438324

Posting Komentar

emo-but-icon

Axact-banner-728×90

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Populer

item