Panduan Membeli Mercedes-Benz W123

Bagi banyak orang, seri W123 adalah ikon klasik Mercedes - dan dengan alasan yang bagus. Inilah yang perlu Anda ketahui jika Anda ingin membelinya ...

Pada tahun 1976, ketika Mercedes meluncurkan seri 200-280 baru (Nama kode W123), sepertinya banyak kasus setelan baru kaisar. Sekali lagi, Mercedes telah menghasilkan sedan dan coupe yang solid, aman, seperti "Stroke Eight" sebelumnya, tetapi dengan banyak perbaikan. Masih digunakan sampai hari ini sebagai taksi di banyak negara berkembang, W123 telah mendapatkan reputasi sebagai salah satu dari sedikit klasik yang benar-benar antipeluru. Empat opsi diesel tersedia, bersama dengan empat opsi bensin - model 280 teratas juga tersedia dengan injeksi bahan bakar.

Tahun berikutnya, Mercedes memulai debutnya coupe W123 (atau C123, untuk penggemar diehard Mercedes). Tersedia sebagai 230C, 280C, 280CE dan 300CD, pasar Inggris hanya menerima opsi bensin. Layak disebutkan Crayford St Tropez, convertible berdasarkan coupe dan dibangun di Inggris. Diluncurkan pada tahun 1978, hanya 12 dibuat.

1978 juga melihat peluncuran perkebunan W123 - atau S123. Tersedia dengan mesin diesel 2,3, 2,5, 2,8 dan 2,4 sebagai 230T, 250T, 280TE dan 240TD, estate terbukti menjadi load-lugger yang sangat baik, dicintai kelas menengah beberapa tahun setelah penggantiannya. Hari ini menjadi klasik keluarga yang luar biasa.

Pada tahun 1979, turunan limusin diluncurkan - deretan kursi tambahan yang menjadikan mobil ini delapan tempat duduk, lebih ditujukan untuk pekerjaan komersial daripada penggunaan gengsi. Banyak klien mengoperasikan perusahaan taksi bandara atau panti asuhan. Di Inggris, sebagian besar limusin didasarkan pada model 250, tetapi limusin 240D dan 300D juga tersedia.

Sebuah facelift pada tahun 1980 membawa lampu depan halogen-beam persegi panjang ke seluruh jajaran, yang sebelumnya hanya terlihat pada coupe dan 280Es. Anti karat ditingkatkan dengan pelek roda sebagai rasio roda gigi standar dan revisi meningkatkan ekonomi. ABS menjadi opsional, 230C dan 230T meninggalkan produksi, sementara 200T dan 300TD diluncurkan.

Revisi pada tahun 1982 berarti W123s terakhir adalah yang terbaik dari kelompok itu. Opsi manual lima kecepatan menggantikan yang asli empat kecepatan, bersama dengan power steering standar melintasi rentang. 250T dijatuhkan, dan kursi baru berarti ruang kaki yang lebih baik di belakang.

Pada tahun 1985, W124 baru diluncurkan. Dengan gaya 190 yang lebih besar, dan dengan banyak komponen yang dibagi dengan model yang lebih kecil, banyak yang berpendapat bahwa W124 telah kehilangan sesuatu yang istimewa yang dimiliki Mercedes yang lebih tua. Apakah pandangan itu benar atau salah, tidak ada yang terlepas dari kenyataan bahwa W123 adalah model dasar Mercedes hingga hari ini, dan pembelian klasik yang sangat baik.

2,7 juta W123 diproduksi selama periode sembilan tahun. 2,37 juta adalah salon, hanya di bawah 200.000 adalah perkebunan dan kurang dari 100.000 kudeta diproduksi. Sisanya adalah limusin, sasis untuk ambulans - tetapi ini sangat jarang sehingga hampir tidak layak untuk dihitung. Yang paling dicari di pasar klasik adalah Coupe - jauh lebih mahal daripada sedan ketika baru, karena itu lebih mahal di pasar klasik. Biaya restorasi juga cenderung tidak murah, membuatnya menjadi barang klasik yang vital untuk dibeli dengan kondisi daripada spek. Favorit kolektor terlepas dari bodi adalah 280 model - model empat silinder dan diesel kurang dapat dikoleksi, dan beberapa menyukai 250 bahkan sebagai klasik yang dapat digunakan. 230E bisa dibilang pilihan yang masuk akal - kuat dan ekonomis, dapat diandalkan, dan lebih terjangkau daripada 280-an. Mobil kemudian lebih diinginkan;

BODYWORK
W123 meninggalkan pabrik dengan cat yang luar biasa dan - pasca 1980 - perlindungan karat yang sangat baik menurut standar saat itu. Tapi itu tidak berarti bahwa mereka kebal dari ulat timah. Periksa lengkungan roda, terutama lengkungan depan dan ujung sayap terkemuka. Sumur roda cadangan dan titik jacking juga merupakan kegagalan yang umum terjadi pada saat Kementerian Perhubungan, sementara jika baki baterai dibiarkan berkarat, busuk dapat masuk ke sekat - perbaikan atau tirai mahal untuk mobil.

Estate tailgate berputar keluar, seperti halnya tangki bahan bakar - dan yang terakhir adalah NLA, jadi Anda tinggal mengambil risiko dengan bagian bekas atau membuat satu untuk spec. Bumper juga dapat menimbulkan korosi - dan berhati-hatilah bahwa 280E berbagi bagian belakangnya dengan Coupe dan bukan saloon lain, jadi pastikan yang tepat dipasang. Sunroof dapat menyebabkan masalah di mana tabung pembuangan berkarat - penyebab umum dari alas kaki yang lembab, sedangkan baki sunroof itu sendiri dapat membusuk dan akhirnya merenggut atap di tempat. Tidak satu pun dari pekerjaan ini yang murah untuk diperbaiki.

Model Saloon dan Coupe cenderung berkarat di bawah rak paket di bagian belakang, yang dapat dilihat dari luar oleh gelembung karat di sekitar jendela belakang atau pelapis pilar pada saloon. Karet jendela belakang sering menjadi penyebabnya, memburuk, membiarkan air masuk, dan kemudian memburuk tanpa terlihat. Jika terlihat di luar maka pasti ada pekerjaan yang harus dilakukan, ini adalah area struktural dan shell dikompromikan kecuali perbaikan dilakukan dengan standar profesional. Berhati-hatilah terhadap mobil dengan kerusakan atau korosi di area ini.

Panel tersedia - item pola jarang sebagus tetapi Mercedes masih akan memasok panel asli. Jika Anda memiliki anggaran terbatas, bagian-bagian pola mungkin jawabannya, karena panel asli tidak murah. 


MESIN
Mesin empat silinder M115 dan M102 semuanya tahan-bom ketika layanan dengan baik, seperti juga unit enam silinder M123 dan M110 yang dipasang pada masing-masing model 250 dan 280.

M115 - dinamai karena penutup cam terbuat dari aluminium - adalah pengembangan dari M121 yang dapat melacak jalannya kembali ke model 190 Ponton. Sederhana namun over engineered dalam tradisi Mercedes terbaik, itu akan berjalan selamanya dengan penggantian oli biasa. Ini adalah unit non-lintas dengan distributor yang dipasang di sisi lain dari blok, dan pengaturan camshaft dan tappet (jari) jelas disalin oleh Ford untuk unit Pinto - cam berjalan dalam tiga bantalan.

M102 kemudian juga merupakan blok besi SOHC - tetapi crossflow, dengan desain camshaft dan rocker baru untuk memungkinkan ruang pembakaran hemisfer. Sama panjang umurnya, ini bisa lebih sulit untuk dikerjakan dalam bentuk 230 karena sistem injeksi bahan bakar. Ini sendiri dapat diandalkan tetapi dapat menghalangi akses.

Mesin M110 adalah pengembangan dari M130 - pertama kali terlihat pada model W115 dan W116, itu adalah pengembangan DOHC dari mesin yang lebih tua dengan bore dan stroke yang direvisi, dan terlihat di pasar Inggris W123s semata-mata dalam bentuk injeksi bahan bakar dengan Bosch K-Jetronic . Tidak diketahui karena banyak kesalahan, pompa oli dan paking kepala harus diperiksa. Seperti empat silinder, ini adalah mesin yang akan bertahan selamanya jika perlu.

250 bermesin M123 sebagian besar berlebihan setelah peluncuran 230E. Lebih lambat dari 230E dan haus dari 280E, mesin adalah pengembangan overhead cam tunggal M180 tua. Baik sebagai mainan, pada periode itu menjadi tidak diinginkan karena karakteristiknya yang buruk untuk penggunaan reguler - tetapi merupakan mesin lain yang akan bertahan selama itu dipertahankan.

Dua mesin diesel empat silinder dan diesel lima pot tunggal yang terlihat pada model 200D, 240D dan 300D masing-masing adalah mesin yang akan bertahan hingga setengah juta mil dengan perawatan dasar, dan harus menimbulkan beberapa masalah dalam pelayanan.


TRANSMISI
Semua gearbox manual Mercedes dibuat untuk bertahan lama - meskipun mereka bukan yang terbaik di dunia untuk digunakan, dengan aksi kedudukan dan aksi yang terasa agak terlalu pertanian untuk mobil kelas ini. Gearbox 722.1 otomatis jauh lebih baik - gearbox desain Mercedes yang sekali lagi tidak menimbulkan kekhawatiran dalam praktiknya. Gearbox ini dimulai di urutan kedua sebagai hal yang biasa, tetapi bergerak pertama kali di bawah kickdown atau ketika L dipilih. Dengan empat roda gigi, itu harus berperilaku sebagai tiga kecepatan kecuali di bawah beban. Diffs diketahui padat, tetapi awasi seal driveshaft hanya untuk aman.

SUSPENSI
Kemungkinannya adalah sebagian besar W123 akan membutuhkan busing ulang sekarang, yang bisa menjadi pekerjaan yang mahal dan menghabiskan waktu. Estates menampilkan penskorsan self leveling - oleh Boge Nivomat. Ketika ini gagal itu bisa mahal untuk memperbaiki; Nivomats mungkin sulit didapat dan tidak murah.

Mobil-mobil dengan power steering - sebagian besar hingga 1982, semuanya sejak saat itu - tidak boleh terasa longgar, dan juga yang tidak. Pastikan tidak ada permainan di setir - dan juga kotaknya tidak terlalu kencang. Kotak kemudi yang terlalu sempit bisa dipakai lebih cepat, dan sering kali masalah aslinya lebih cenderung pada lengan peredam kemudi yang jauh lebih murah.

Lengan belakang belakang dapat membusuk keluar, dan untuk memperbaikinya berarti membongkar sepenuhnya bagian belakang. Karena alat khusus diperlukan untuk bantalan roda belakang, ini adalah pekerjaan spesialis dan kami tidak akan menyarankan Anda untuk mencobanya di rumah.

BRAKES
Servo-dibantu disc semua bulat berarti bahwa dengan standar tahun 1970-an dan 1980-an W123 berhenti dengan sangat baik. Ini adalah sistem yang dirancang dengan baik, juga, dengan sedikit kesalahan. Kaliper dapat menangkap - ini akan memberikan pedal yang lembut dan kurangnya upaya pengereman yang nyata. Ini bukan akhir dari dunia karena mereka dapat dibangun kembali dengan relatif mudah. Master silinder juga bisa gagal, tetapi ini tidak mahal atau sulit untuk diganti. Selain itu, ini hanya kasus memeriksa minyak rem yang telah diperbarui setiap dua tahun sekali, untuk memastikan tidak ada air atau udara dalam sistem.


INTERIOR
Jika Anda melihat W123, interiornya harus menjadi salah satu hal terbesar yang perlu diperhatikan dalam hal kondisi. Ada lima jenis trim interior yang tersedia - MB Tex, kulit, kain, setengah kain dan velour. Selain itu, ada beberapa kombinasi warna yang tersedia, dan menemukan interior dengan kondisi yang baik untuk mencocokkan aslinya Anda akan menjadi sulit kecuali Anda memiliki trim yang relatif umum. Velour dan half-cloth akan menjadi yang paling sulit didapat, terutama di beberapa skema warna interior Seri 1 karena interior awal sangat langka. Pelapis kepala tidak cenderung melorot, dipangkas dengan cara kuno alih-alih dengan bahan yang direkatkan ke media.

Periksa karpet dan alas lantai apakah ada tanda air masuk; ini adalah tanda bahwa segel kaca depan tidak rusak dan sementara itu adalah barang yang bisa diganti, memastikan bahwa kebanggaan dan kegembiraan Anda kering sesudahnya tidak akan menjadi pekerjaan yang mudah. Juga periksa kondisi kursi depan - baik yang standar dan yang diturunkan ditawarkan sebagai opsi di Coupe. Mereka adalah desain bermunculan yang kompleks daripada mengandalkan busa untuk dukungan, tetapi mereka dapat runtuh - terutama di tepi luar pangkalan kursi pengemudi. Ini bisa mahal untuk diperbaiki, dan meskipun pemutus terkadang memiliki kursi bagus yang ditawarkan, itu tidak jarang - taruhan terbaik Anda adalah menemukan spesialis yang dapat membangunnya kembali untuk Anda.

Kulit dapat dihidupkan kembali menggunakan kit, dan baik Woolies (01778 347347) dan Klinik Furniture (0844 879 3691) akan dapat menawarkan saran juga.

Mainan cenderung bisa diandalkan. Sebagian besar cukup sederhana, tetapi jendela listrik dan sunroof sering dipasang, seperti cermin listrik tunggal, kadang-kadang AC, dan sering penguncian pusat. AC tentu saja bisa bocor, dan banyak yang masih menjalankan R12 daripada R134a; gas drop tersedia. Kunci sentral - dan kunci kursi depan untuk kudeta - dioperasikan dengan vakum, dan kerusakan pada sistem dapat melihatnya gagal. Pastikan Anda memeriksa ini sebelum membeli mobil - karena implikasi untuk kursi depan dalam sebuah coupe dapat menjadikan ini sebagai titik kegagalan Kementerian Perhubungan.

VERDICT
The W123 Mercedes adalah salah satu klasik eksekutif paling sederhana yang dapat Anda beli, dan jika Anda meluangkan waktu dan membeli dengan baik, Anda akan dihargai dengan bertahun-tahun dengan motor bebas kesalahan yang menyenangkan. Berhati-hatilah dengan masalah trim, atau kebocoran - dan sementara sebagian besar hal berada dalam ruang lingkup pembeli DIY, mungkin ada baiknya menumbuhkan hubungan dengan spesialis lokal Anda. Bergabung dengan klub seperti Mercedes-Benz Club (0345 603 2660) adalah hal yang bijaksana, karena tidak hanya membantu memberi saran kepada spesialis tetapi juga menjadi sumber informasi yang berharga bagi penggemar DIY juga. Banyak yang berpendapat bahwa W123 adalah Mercedes tradisional yang benar-benar tradisional dan akhir era, dengan kualitas penderitaan penerusnya - ada sangat sedikit yang rusak pada 123 dipelihara dengan baik.

Pilih 230E untuk kenyamanan, kinerja, dan keandalan, meskipun selalu ada orang yang percaya bahwa Mercedes harus memiliki enam silinder. Jika ini masalahnya, tidak terlihat lagi selain 280E top-range topping yang sangat baik. Mobil karburator lebih lambat dan haus, dan jarang terjadi kesalahan pada sistem injeksi bahan bakar Bosch. Jika Anda mencari gaya atau investasi, coupe tidak diragukan lagi model yang harus dipilih - sedangkan estate membuat klasik keluarga yang lebih mampu.


Related

W123 8884002587791026314

Posting Komentar

emo-but-icon

Axact-banner-728×90

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Populer

item